Pages

Saturday, August 31, 2013

Forensik Android : Recover (Mengembalikan) File yang Telah Terhapus dari SDCard


Recover (Mengembalikan) File yang Telah Terhapus dari SDCard

Pada kesempatan kali ini, Saya akan membagikan pengalaman Saya tentang bagaimana caranya mengembalikan suatu file seperti file musik, gambar, video, dan lain sebagainya yang sudah di-delete (dihapus) dari kartu memori eksternal (SDCard) Android.

Secara teori, file yang berada di memori eksternal Android tidak sepenuhnya dihapus oleh sistem jika dilakukan proses delete, melainkan hanya dihapus link-nya saja. File tersebut sebenarnya masih menempati memori untuk kemudian jika ada file lain yang masuk (disimpan ke memory card) maka akan dilakukan proses overwrite pada file yang telah dilakukan delete tersebut. Jadi, jika Anda melakukan proses delete dan belum melakukan penyimpanan (atau format ulang) lagi ke dalam kartu memori eksternal Anda, kemungkinan besar file tersebut masih ada di dalam memori. Keadaan ini berbeda jika Anda melakukan format ulang kartu memori, karena proses ini akan meng-overwrite isi kartu memori dengan nilai 0 (standard format).

Untuk mengembalikan file-file tersebut, diperlukan peralatan / tools berikut:
» Komputer dengan OS Windows;
» Kabel USB Android;
» USB Image Tools, bisa di download di sini (Ekstrak terlebih dahulu jika mau menggunakannya);
» File Scavenger, bisa di download di sini (Install terlebih dahulu).



Sedangkan langkah-langkah untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut adalah sebagai berikut:
Colokkan kabel USB Android Anda ke komputer, lalu pilih Enable USB Mode pada Android Anda.
Buka program USB Image Tools, di tab bagian kiri, akan muncul device USB Anda, lalu pilih device tersebut. Klik Backup, maka secara otomatis akan terbentuk file image dari kartu memori eksternal Anda. File ini mengandung seluruh isi dari kartu memori eksternal Anda, sehingga ukuran file ini akan sama dengan ukuran memori eksternal Anda.
Jika sudah dilakukan backup, buka program File Scavenger. Pilih menu File->Disk Image->Load. Pada bagian Files of Type, pilih All files agar dapat membuka file image yang dihasilkan oleh USB Image Tools. Pilih file image hasil backup tadi, lalu klik OK.
Pada jendela utama, ada pilihan Look in, di situ secara otomatis akan muncul path di mana terdapat file image yang telah dibuat tadi. Pilih file tersebut dan pada bagian Mode pilih pilihan Long. Klik Scan, jika muncul pertanyaan (pop windows) pilih No, search deleted files. Proses akan memakan waktu agak lama tergantung ukuran memori kartu Anda.
Pada tabel akan muncul berbagai files yang dapat Anda filter secara manual. Anda dapat lihat sebagian besar file yang sudah dihapus dari kartu memori masih terdapat di dalam memori.
Langkah selanjutnya adalah memilih file-file mana yang ingin Anda kembalikan lalu pilih Tab : Step 2: Save. Selamat, file yang terhapus telah kembali !

Sekian dulu tips dari Saya kali ini. Wassalmu’alaikum Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment

 

endrio pangestu. Copyright 2013 All Rights Reserved |Template by Panduan Belajar Seo dan tutorial blog |Support Tips Trik Formasi top eleven dan Winning Eleven